Pengertian Tujuan dan Manfaat Akuntansi Biaya

Akuntansi biaya merupakan penentuan harga pokok produksi suatu barang mulai dari awal hingga akhir proses produksi dengan melakukan pencatatan, penggolongan, analisa dan penyajianinformasi biaya ke dalam suatu laporan biaya. berdasarkan pengertian akuntansi biaya tersebut, akuntansi biaya dapat dikatakan juga sebagai alat yang digunakan oleh pihak manajemen perusahaan dalam melakukan pertimbangan, perencanaan, pengawasan serta penilaian terhadap kegiatan pembiayaan perusahaan. 

Tujuan Akuntansi biaya 
Akuntansi biaya bertujuan untuk sebagai berikut:
1. Perencanaan dan pengendalian biaya
Akuntansi dalam tujuannya sebagai alat untuk perencanaan dan ppengendalian biaya yaitu, dengan adanya akuntansi biaya yang menyediakan informasi biaya yang mana diperlukan dalam proses penyusunan perencanaan biaya dan dengan perencanaan yang baik berdasarkan informasi yang baik pula maka akan dapat dilakukan pengendalian biaya yang baik pula. 

2. Penentuan harga pokok produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan dengan tepat dan teliti
Tujuan akuntansi biaya dalam penentuan harga pokok, karena dalam akuntansi biaya menyediakan informasi-informasi biaya yang dibutuhkan dalam penentuan harga pokok produk atau jasa.

3. Pengambilan keputusan oleh manajemen.
Tujuan akuntansi biaya dalma pengambilan keputusan oleh manajemen tentunya karena infomasi biaya yang disajikan oleh akuntansi biaya boleh menjadi bahan referensi pihak manajemen peusahaan dalam mengambil keputusan, misalnya dalam mengambil keputusan dalam penentuan harga jual produk ataupun jasa.


Manfaat Akuntansi Biaya
Akuntansi biaya mempunyai manfaat sebagai berikut :
1. Menyusun dan melaksanakan rencana dan anggaran operasi perusahaan dalam kondisi yang ekonomis dan bersaing.
2. Menetapkan metode kalkulasi biaya dan prosedur yang menjamin adanya pengendalian biaya dan jika memungkinkan, pengurangan atau pembebanan biaya.
3. Menentukan nilai persediaan dalam rangka kalkulasi biaya dan penetapan harga, dan sewaktu-waktu memeriksa jumlah persediaan dalam bentuk fisis.
4. Menghitung biaya dan laba perusahaan untuk periode akuntansi tahunan atau periode yang lebih singkat.
5. Memilih alternatif terbaik yang bisa menaikkan pendapatan atau menurunkan biaya.

Berdasarkan uraian diatas, akuntansi biaya tentunya memberikan manfaat dan perannya yang sangat penting dalam perusahaan, khususnya perusahaan manufaktur. Karena dengan adanya akuntansi biaya, maka pihak manjemen perusahaan dapat memperoleh infomasi biaya yang dibutuhkan dalam menjalankan tugas nya sebagai pihak manajemen perusahaan. 
Terimakasih sudah membaca tulisan mengenai pengertian tujuan dan manfaat akuntansi biaya ini ya dan semoga menambah pemahaman anda tentang materi pengantar akuntansi biaya.

Baca juga:

0 comments



Emoticon