Pengertian Akuntansi dan Jenisnya

Pengertian Akuntansi dan Jenisnya

Akuntansi merupakan suatu bidang ilmu yang mempelajari tentang pencatatan, analisa data-data transaksi yang kemudian diubah menjadi informasi keuangan yang dirangkum dalam laporan keuangan. Dari pengertian tersebut bahwa peran akuntansi sangat penting dalam mengelola data-data keuangan.
Peranan akuntansi yang sangat penting tersebut membuuat setiap perusahaan membutuhk,an akuntansi untuk mengolah data-data keuangannya menjadi laporaan keuangan. Setiap perusahaan tentunya membutuhkan laporan keuangan yang bertujuan untuk melihat kineja perusahaan tersebut dalam periode tertentu, laporan keuangan juga berguna sebagai bahan evaluasi untuk perencanaan-perencanaan periode selanjutnya. Laporan keuangan yang dihasilkan aktivitas dalam akuntansi tersebut juga sebagai laporan pertanggungjawaban perusahaan untuk pihak-pihak yang berkepentingan bagi perusahaan.
Oleh karena itu, perusahaan sangat erat kaitannya dengan akuntansi, guna mendukung kegiatan perusahaan dalam mencatat kegiatan perusahaan dalam kegiatan keuangan.


Jenis-jenis akuntansi dan pengertiannya
Akuntansi dapat dibedakan ke dalam beberapa jenis yaitu sebagai berikut:
a. Akuntansi keuangan yaitu bidang akuntansi yang tujuan utamanya mengolah data transaksi keuangan menjadi laporan keuangan untuk diinformasikan kepada pihak-pihak diluar perusahaan.

b. Akuntansi biaya yaitu bidang akuntansi yang bertujuan untuk menyediakan data yang diperlukan untuk penetapan dan pengendalian biaya.

c. Akuntansi pemeriksaan yaitu bidang akuntansi yang berhubungan dengan pemeriksaan independen terhadap catatan akuntansi pendukung laporan keuangan perusahaan dan memberikan pendapat mengenai keandalan dan kelayakan laporan keuangan. Akuntansi pemeriksaan ini biasanya dibutuhkan untuk meyakinkan pengguna laporan keuangan bahwa laporan keuangan tersebut menyediakan informasi keuangan yang akurat.

d. Akuntansi manajemen yaitu bidang akuntansi yang bertujuan untuk menyediakan informasi untuk pihak manajemen perusahaan sebagai dasar menjalankan tugas perencanaan, pengawasan dan kebijakan yang harus diambil. 

e. Akuntansi perpajakan yaitu bidang akuntansi yang bertujuan untuk menyusun laporan keuangan yang diperlukan untuk penetapan pajak yang dibebankan oleh perusahaan.

f. Akuntansi anggaran yaitu bidang akuntansi yang bertujuan untuk menyusun rencana keuangan dalam suatu perusahaan untuk periode tertentu, pada saat yang akan datang dan membandingkan hasil operasi kegiatan dengan rencana yang telah ditentukan.

g. Akuntansi pemerintahan yaitu bidang akuntansi yang bertujuan untuk pencatatan dan pelaporan data keuangan yang terjadi pada badan-badan pemerintahan.

h. Akuntansi internasional yaitu bidang akuntansi yang membahas tentang masalah-masalah keuangan internasional seperti kegiatan ekspor dan impor yang terjadi dalam suatu perusahaan.

i. Akuntansi pendidikan yaitu bidang akuntansi yang dikhususkan untu dunia pendidikan, misalnya sebagai tenaga pendidik, peneliti dan profesi akuntan lainnya yang berhubungan dengan dunia pendidikan.


Semoga tulisan mengenai pengertian akuntansi dan jenisnya ini bermanfaat, terimakasih sudah membaca tulisan ini ya.

Baca juga:

Tags:

0 comments



Emoticon