Pendapatan Operasional dan Pendapatan Non Operasional Perusahaan Dagang

Pendapatan Operasional dan Pendapatan Non Operasional Perusahaan Dagang
Pendapatan dalam akuntansi merupakan sumber penghasilan suatu perusahaan yang menghasilkan laba setelah dikurangi dengan biaya-biaya yang dikeluarkan selama periode tertentu. 
Pendapatan dalam perusahaan dagang tentunya memiliki perbedaan dengan pendapatan dalam perusahaan jasa dan perusahaan manufaktur karena kegiatan dalam perusahaan dagang, perusahaan jasa dan perusahaan manufaktur berbeda satu dengan yang lain.
Dalam perusahaan dagang, pendapatan perusahaan diperoleh dari hasil penjualan yang dilakukan, dimana barang dagang yang dibeli dijual diatas harga beli barang dagang. Perusahaan biasanya akan memperkecil pengeluaran biaya untuk memperkecil pengurang pendapatan dalam menghasilkan laba perusahaan.
Pendapatan perusahaan dagang dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu pendapatan operasional dan pendapatan non operasional. Berikut ini contoh pendapatan operasional dan non operasional perusahaan dagang.

1. Penjualan 
Sebagaimana kegiatan utama perusahaan dagang adalah penjualan, maka pendapatan perusahaan dagang akan diperoleh dari hasil penjualan yang dilakukan perusahaan.

2. Bunga 
Pendapatan perusahaan dagang yang berasal dari bunga, ketika perusahaan memiliki simpanan di bank.

3. Penjualan aktiva
Pendapatan perusahaan juga dapat diperoleh dari penjualan aktiva. Penjualan aktiva biasanya dilakukan karena aktiva tersebut sudah kurang menduukung untuk kegiaatan perusahaan. Sebagai contoh, mesin yang penggunaannya sudah kurang efektif, sehingga harus dijual dan diganti dengan mesin yang baru.

4. Sewa
Adakalanya perusahaan melakukan penyewaan terhadap barang atau aktiva perusahaan karena perusahaan memiliki aktiva yang berlebih. Misalnya perusahaan memiliki dua gedung yang mana gedung yang satu tidak digunakan, sehingga disewakan ke pihak lain.

5. Deviden
Perusahaan akan menambah pendapatannya ketika perusahaan memiliki laba dan deviden yang besar pula. Perusahaan akan meningkatkan kinerja perusahaan guna menambah pendapatan perusahaan dan meningkatkan laba dan deviden.

Semoga tulisan tentang  pendapatan operasional dan pendapatan non operasional perusahaan dagang ini bermanfaat ya dan terimakasih sudah membaca tulisan ini.

Baca juga:

0 comments



Emoticon