Empat Kharakteristik Perusahaan Dagang

Empat Kharakteristik Perusahaan Dagang

Perusahaan dagang merupakan salah satu bentuk perusahaan selain perusahaan jasa dan perusahaan manufaktur. Perusahaan dagang tentunya berbeda dengan perusahaan jasa dan manufaktur yang disebabkan oleh kegiatan utamanya. Dalam perusahaan jasa memberikan pelayanan atau jasa kepada masyarakat dan perusahaan manufaktur menjual barang dagang sama halnya dengan perusahaan dagang, namun dalam perusahaan dagang, barang dagang yang dijual tidak diberikan penambahan nilai. Dalam hal ini, perusahaan dagang dianggap sebagai fasilitator kepada konsumen. Dalam tulisan ini kita akan membahas kharakteristik perusahaan dagang yang membedakannya dengan perusahaan jasa dan perusahaan manufaktur.

1. Penghasilan diperoleh dari penyerahan atau penjualan barang dagang
Berbeda dengan perusahaan yang lainnya, perusahaan dagang memperoleh penghasilan dari hasil penjualan barang dagang. Barang dagang yang dibeli dari supplier dijual kembali kepada konsumen tanpa menambah nilai dari barang dagan tersebut. perusahaan dalam hal ini menambah harga jual barang dagang dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan atau laba.

2. Bentuk dan fungsi barang dagang tidak mengalami perubahan
Perusahaan dagang berbeda dengan perusahaan manufaktur dalam penanganan barang dagang, dalam perusahaan dagang barang dagang tidak mengalami perubahan bentuk maupun fungsi sedangkan dalam perusahaan manufaktur, barang dagang diolah kembali untuk menambah nilai dari barang dagang tersebut.

3. Akun perkiraan
Akun perkiraan pada perusahaan memiliki berbeda dengan perusahaan jasa dan manufaktur dalam beberapa akun perkiraan, karena kegiatan utama dalam perusahaan dagang  menghasilkan akun perkiraan seperti pembelian, persediaan barang dagang, retur pembelian, potongan harga pembelian, penjualan, retur penjualan, potongan harga penjualan, harga pokok penjualan (HPP), beban angkut penjualan.

4. Beban operasional
Sebagaimana kegiatan utama perusahaan dagang adalah menjual barang dagangan, maka beban operasional dalam perusahaan dagang terdiri atas beban penjualan dan beban administrasi.

Perbedaan perusahaan dagang dengan perusahaan jasa dan perusahaan manufaktur disebabkan oleh kegiatan utama perusahaan sehingga menghasilkan perkiraan dan beban yang berbeda dengan perusahaan lainnya yang menjadikan kharakteristik perusahaan dagang.

Semoga tulisan tentang empat kharakteristik perusahaan dagang ini bermanfaat dan terimakasih sudah membaca tulisan ini ya.

Baca juga:

0 comments



Emoticon