Manfaat Akuntansi Manajemen bagi Pihak Internal Perusahaan

Manfaat Akuntansi Manajemen bagi Pihak Internal Perusahaan

Akuntansi manajemen merupakan bagian dari akuntansi yang perannya sama pentingnya dengan akuntansi keuangan dimana akuntansi manajemen berguna untuk pihak internal perusahaan khususnya bagian manajemen perusahaan. Akuntansi manajemen  merupakaan bagian dalam akuntansi yang defungsi untuk tahap perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan. Oleh karena itu, semakin baik kinerja bagian akuntansi manajemen dalam suatu perusahaan, maka semakin baik pula manfaat yang boleh dirasakan oleh perusahaan. informasi dalam akuntansi manajemen hanya digunakan oleh pihak internal perusahaan, berbeda dengan akuntansi keuangan yang informasi keuangannya berguna tidak hanya bagi pihak internal perusahaan namun juga berguna bagi pihak eksternal juga sebagai laporan pertanggungjawaban perusahaan atas kinerja perusahaan selama periode tertentu.
Akuntansi manajemen dilakukan berdasarkan kebutuhan perusahaan dan berjalan sesuai dengan kondisi perusahaan yang artinya bahwa akuntansi manajemen tidak terikat pada kriteria-kriteria yang membatasi tentang bentuk input dan output laporan akuntansi manajemen seperti halnya pada akuntansi keuangan. Oleh karena itu, akuntansi manajemen lebih bersifat fleksibel, berjalan seiring dengan perkembangan perusahaan dan lingkungan yang mempengaruhi nya.

Manfaat akuntansi manajemen akan diuraikan dalam tulisan ini sebagai berikut:
a. Menghasilkan perencanaan yang efektif bagi perusahaan
Sebagai mana tahapan dalam akuntansi manajemen yaitu perencanaan, pengendalian atau pengawasan dan pengambilan keputusan, maka manfaat yang boleh diterima yaitu pihak perusahaan akan terbantu dalam hal perencanaan. Perencanaan tersebut dapat juga berdasarkan laporan dalam akuntansi keuangan ataupun sumber lainnya sehingga dihasilkan perencanaan bisnis yang efektif dalam menghasilkan kinerja perusahaan yang berorientasi pada target perusahaan.
Diharapkan dengan adanya perencanaan, maka perusahaan akan lebih terarah dalam menjalankan fungsi nya menurut bagiannya masing-masing. Dengan perencanaan yang baik juga akan membantu perusahaan dalam mengatasi segala masalah yang muncul ketika perusahaan menjalankan fungsi nya.

b. Pengawasan dan pengendalian yang efektif
Manfaat yang lain selain manfaat perencanaan yang efektif dari akuntansi manajemen yaitu menghasilkan pengawasan dan pengendalian yang efektif pula. Jika akuntansi manajemen telah menjalankan fungsinya dengan baik dalam hal perencanaan, maka dalam menjalankan kinerja perusahaan memudahkan pihak manajemen perusahaan dalam mengawasi dan mengendalikan kinerja perusahaan. Misalnya jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam kegiatan perusahaan, maka pihak akuntansi manajemen akan bertindak untuk mengendalikan masalah tersebut agar tindak menimbulkan kerugian bagi perusahaan. Dengan adanya akuntansi manajemen, perusahaan akan juga akan terbantu dalam melakukan pengawasan, karena akuntansi manajemen juga akan menjalankan fungsi nya untuk memastikan bahwa perusahaan berjalan dengan rencana yang ditentukan dalam mencapai tujuan perusahaan.

c. Sebagai acuan dalam melakukan kegiatan perusahaan
Sebagaimana fungsi manajemen dalam hal perencanaan, akuntansi manajemen akan memberikan manfaatnya dalam hal memberikan acuan dalam melakukan kegiatan perusahaan. Perencanaan yang dilakukan pihak manajemen perusahaan tentunya berdasarkan informasi-informasi keuangan perusahaan yang relevan, sehingga menghasilkan perencanaan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, dan dengan perencanaan yang efektif tersebut perusahaan dapat menjalankan fungsinya dengan baik dalam mencapai tujuannya.

d. Pengambilan keputusan yang efektif untuk peningkatan kinerja perusahaan
Dalam tahapan akuntansi manajemen dalam hal pengambilan keputusan, maka tentunya akan membantu perusahaan dalam menentukan kebijakan-kebijakan yang bertujuan untuk peningkatan kinerja perusahaan. Pihak pimpinan perusahaan dalam mengambilan keputusan tentunya akan sangat terbantu, karena dengan adanya akuntansi manajemen akan mengolah informasi-informasi keuangan perusahaan menjadi laporan yang boleh menjadi acuan dalam pengambilan keputusan. Akuntansi manajemen akan menjalankan tugasnya berdasarkan informasi-informasi keuangan perusahaan agar laporan yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

e. Penyedia informasi bagi pihak internal perusahaan
Sebagai mana dalam fungsinya dalam pengambilan keputusan, maka dengan adanya akuntansi manajemen akan memberikan informasi terkait kinerja perusahaan, sehingga berguna bagi pihak perusahaan dalam mengambil keputusan. Informasi dalam akuntansi tidak terbatas pada data historis perusahaan, tetapi juga berorientasi pada masa depan perusahaan terkait dengan fungsi nya dalam merencanakan untuk perusahaan di masa yang akan datang. Sehingga informasi dalam akuntansi manajemen sifatnya lebih fleksibel dibandingkan dengan laporan keuangan. Anda dapat mempelajari tentang perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen dalam tulisan sebelumnya.

Perusahaan dalam mencapai tujuannya sangat dipengaruhi oleh manajemen perusahaan pula. Semakin baik akuntansi keuangan perusahaan, maka semakin baik pula akuntansi manajemen dalam menyajikan laporannya dan akan semakin baik pula kinerja perusahaan tersebut dalam mencapai tujuan perusahaan. Manajemen perusahaan yang baik, biasanya akan dicontoh oleh perusahaan lainnya yang relevan.

Terimakasih sudah membaca manfaat akuntansi manajemen bagi pihak internal perusahaan ini ya, semoga bermanfaat dan baca juga tulisan yang lainnya untuk menambah pemahaman anda tentang materi-materi akuntansi.

Baca juga:

0 comments



Emoticon