Empat Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

Empat Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

Akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen merupakan dua bidang akuntansi yang berbeda, dimana akuntansi keuangan merupakan bidang akuntansi yang membahas penyusunan laporan keuangan untuk pengguna eksternal. Pengguna eksternal tersebut misalnya pemegang saham, kreditur, analis keuangan, pemerintah dan lain sebagainya. Sedangkan akuntansi manajemen merupakan bidang akuntansi yang berfokus pada akuntansi untuk tujuan internal perusahaan atau entitas disebut akuntansi manajemen. Akuntansi Manajemen berhubungan dengan informasi mengenai perusahaan untuk memberikan manfaat bagi para pemakai laporan keuangan yang berada dalam perusahaan (manajemen) sebagai bahan pertimbangan yang mendukung dalam pengambilan keputusan.

Berikut ini adalah perbedaan antara akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen:
a. Standar 
Standar Akuntansi disusun melalui proses yang dilaksanakan secara transparan dan akuntabel. Dalam hal penyusunan, akuntansi keuangan berstandar pada Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) Indonesia, International Financial Accounting Standard (IFRS) atau standar lain
Sedangkan pada akuntansi manajemen, standar penyusunannya yaitu tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan disesuaikan dengan tujuan, kondisi dan kebutuhan perusahaan. Biasanya manajemen yang baik akan cepat diikuti oleh perusahaan yang lainnya.

b. Tujuan
Akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen dapat dibedakan berdasarkan tujuannya, akuntansi keuangan dilakukan dengan tujuan sebagai berikut:
Memberikan informasi mengenai posisi keuangan, kinerja keuangan, dan arus kas entitas yang bermanfaat bagi sebagian besar kalangan pengguna laporan dalam pembuatan keputusan ekonomi 
Menunjukan apa yang telah dilakukan manajemen dan pertanggungjawaban sumber daya yang dipercayakan kepadanya. 
Memenuhi kebutuhan bersama sebagian besar pemakai. 
Menyediakan pengaruh keuangan dari kejadian di masa lalu. 

Dalam hal tujuan, laporan akuntansi keuangan lebih mengacu pada tujuan historis, dimana akuntansi keuangan menyediakan informasi atas kejadian masa lalu, sedangkan pada akuntansi manajemen berorientasi pada masa depan, yang bertujuan untuk pengendalian dan perencanaan saja. Keputusan-keputusan yang diambil selalu menyangkut tentang hal-hal yang berhubungan dengan kebijakan perusahaan di masa yang akan datang.

c. Sumber informasi
Perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen juga terletak pada sumber informasi nya. Pada akuntansi keuangan, penyusunan laporannya berdasarkan data historis, data proyeksi dan infomasi non-keuangan, sedangkan pada akuntansi manajemen, sumber informasi penyusunannya berdasarkan data historis, data proyeksi dan analisis detail.

d. Lingkup informasi
Dalam akuntansi keuangan menyajikan informasi keuangan tentang perusahaan secara menyeluruh, yaitu neraca yang menyajikan informasi mengenai aset, kewajiban dan modal perusahaan, kemudian dalam akuntansi keuangan juga terdapat laporan laba rugi yang menyajikan hasil kegiatan perusahaan dalam mendapatkan laba.
Informasi dalam laporan akuntansi keuangan lebih bersifat ketepatan informasi yang tinggi, objektif, kebenarannya dapat diuji, dan informasi nya juga harus akurat, mengingat pengguna laporan akuntansi keuangan adalah pihak eksternal perusahaan. Laporan akuntansi keuangan lebih mengacu pada laporan pertanggungjwaban tentang bagaimana perusahaan tersebut melakukan kinerja nya selama periode tertentu.
Jika pada akuntansi keuangan lingkup informasinya bersifat menyeluruh atau mencakup semua bagian dalam perusahaan, maka laporan keuangan akuntansi manajemen lebih bersifat sempit karena lebih fokus pada detail dikarenakan lingkup informasi manajemen lebih mengarah pada tujuan melaporkan bagian-bagian tertentu perusahaan.

Kedua bidang akuntansi ini akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen berperan penting bagi perusahaan. Dengan adanya laporan keuangan yang menyajikan informasi yang akurat akan membuat akuntansi manajemen juga berfungsi dengan baik, karena akuntansi manajemen juga mengacu pada infomasi dalam laporan keuangan dalam membuat keputusan-keputusan yang bertujuan untuk kemajuan perusahaan.

Demikian uraian mengenai perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen. Semoga bermanfaat ya.

Baca juga:

0 comments



Emoticon