Pengertian Aktiva dalam Akuntansi dan Contohnya

 
Pengertian Aktiva dan Contohnya

Dalam suatu perusahaan, aktiva merupakan aset penting yang sangat mendukung untuk kegiatan operasi perusahaan, pembiayaan maupun untuk investasi sehingga aktiva memiliki peranan dalam mendukung keberlangsungan perusahaan. Pengertian lainnya dalam akuntansi yaitu segala kekayaan yang dimiliki oleh suatu perusahaan baik itu berupa benda ataupun hak yang diperoleh oleh perusahaan melalui transaksi atau kegiatan perusahaan di masa lalu. Suatu perusahaan memiliki banyak jenis-jenis aktiva atau harta sehingga diperlukan penggolongan harta tersebut salah satunya untuk memudahkan pencatatan harta tersebut. Untuk diakui sebagai aktiva, maka segala kekayaan yang dimiliki perusahaan tersebut harus bisa diukur dengan menggunakan satuan uang.
Aktiva dalam akuntansi digolongkan menjadi aktiva lancar dan aktiva tidak lancar dimana aktiva tidak lancar terdiri atas aktiva tetap, investasi jangka panjang, dan aktiva tidak berwujud.
 
Aktiva lancar
Pengertian nya yaitu aset perusahaan yang memiliki jangka waktu yang pendek. Sesuai dengan namanya, aktiva lancar merupakan aktiva yang bersifat paling likud atau harta yang paling mudah dikonversikan menjadi uang atau kas.
Contoh aktiva yang termasuk ke dalam aktiva lancar yaitu:
  1. Kas merupakan uang tunai yang digunakan untuk kegiatan operasional perusahaan.
  2. Investasi jangka pendek merupakan investasi yang sifatnya sementara hanya untuk memanfaatkan uang yang belum dibutuhkan dalam operasi.
  3. Piutang wesel, pengertian nya yaitu surat perintah penagihan perusahaan kepada pihak lain yang dinyatakan dalam perjanjian yang diatur dalam undang-undang.
  4. Piutang, pengertian nya yaitu pendapatan perusahaan yang belum diterima perusahaan namun sudah menjadi perusahaan, piutang dapat berasal dari penjualan barang dagangan (piutang dagang) atau jasa (piutang pendapatan).
  5. Persediaan, pengertian nya yaitu barang dagang perusahaan baik persediaan barang mentah, barang dalam proses maupun barang jadi.
  6. Beban dibayar di muka, pengertian nya yaitu pengeluaran yang dikeluarkan oleh perusahaan baik untuk memperoleh barang atau jasa, yang sudah di bayar di awal oleh perusahaan namun belum menjadi kewajiban pada periode yang berjalan.

Aktiva tetap
Pengertian nya yaitu kekayaan yang dimiliki perusahaan yang tampak secara fisik dan berperan dalam kegiatan opersional perusahaan secara permanen. Kriteria aktiva tetap yaitu memiliki wujud, umurnya lebih dari satu tahun, digunakan untuk kegiatan operasional perusahaan, tidak untuk diperjualbelikan dan  material. Penyusutan aktiva tetap dalam akuntansi akan di hitung dan dicatat pada diakhir periode. Contoh aktiva yang termasuk ke dalam aktiva tetap yaitu:
1.    Tanah
2.    Bangunan
3.    Mesin
4.    Peralatan
5.    Kendaraan
6.    Dan lain sebagainya

Investasi jangka panjang
Pengertian nya yaitu harta pe;rusahaan yang biasanya dilakukan perusahaan jika perusahaan mempunyai kekayaan lebih dari yang dibutuhkan. Investasi jangka panjang dilakukan perusahaan dengan maksud perusahaan mendapat keuntungan dari kegiatan investasi tersebut. Contoh aktiva yang termasuk ke dalam investasi jangka panjang dapat berupa surat berharga, tanah, bangunan dan lain sebagainya.

Aktiva tidak berwujud
Pengertian nya yaitu aktiva yang dimiliki perusahaan namun tidak memiliki wujud atau tidak dapat dilihat mata secara langsung namun memiliki peranan dan manfaat bagi perusahaan. Contoh aktiva yang termasuk ke dalam aktiva tidak berwujud yaitu:
  1. Hak cipta, pengertian nya yaitu hak yang diberikan kepada seseorang atau badan yang menciptakan suatu karya atau hasil dari suatu ide.
  2. Hak sewa, pengertian nya yaitu hak untuk dapat menggunakan aktiva milik pihak lain di dalam jangka waktu yang telah disepakati
  3. Goodwill, pengertian nya yaitu prestasi yang dimiliki oleh perusahaan karena memiliki nilai lebih atau keistimewaan dibanding dengan yang lain atau jika diterjemahkan sesuai namanya yaitu nama baik perusahaan.
  4. Hak paten, pengertian nya yaitu hak yang diberikan oleh pemerintah kepada seseorang atau badan yang telah melakukan penemuan atas suatu hal tertentu.
  5. Francise, pengertian nya yaitu hak yang diterima oleh seseorang atau badan untuk memperjualbelikan produk, formula tertentu.
  6. Merk dagang, pengertian nya yaitu hak yang diberikan oleh pemerintah kepada suatu bdan untuk dapat menggunakan nama dan juga lambang bagi usaha nya.
Demikian uraian mengenai pengertian aktiva dalam akuntansi dan contohnya semoga tulisan ini bermanfaat. baca tulisan yang lainnya juga ya untuk menambah pemahaman anda mengenai materi akuntansi. Terimakasih sudah membaca tulisan ini.


Baca juga:

0 comments



Emoticon