Cara Membuat dan Contoh Bentuk Neraca



Pengertian neraca yaitu laporan yang menunjukkan posisi keuangan yang terdiri dari harta, kewajiban dan modal pemilik pada suatu tanggal tertentu. Neraca merupakan bagian dalam laporan keuangan yang pada umumnya disajikan dalam dua bentuk yaitu bentuk skontro atau bentuk huruf T dan neraca bentuk staffel .
Tujuan penyusunan neraca yaitu untuk menguji pembuatan neraca debit dan kredit dalam akun buku besar. Selain itu tujuan penyusunan neraca juga untuk mempermudah penyusunan laporan keuangan. Penyajian neraca dalam bentuk staffel dan skontro akan kita bahas dalam tulisan ini.
Cara membuat neraca adalah sebagai berikut.
·         Aktiva 
Jumlahkan harta sesuai dengan kelompoknya masing-masing dan untuk bagian harta yang memiliki penyusutan, kurangkan terlebih dahulu nominal harta tersebut dengan penyusutannya, misalnya harta berupa bangunan yang memiliki nilai penyusutan. Setelah diperoleh nominal bersih tiap masing-masing kelompok harta setelah dikurangi dengan penyusutannya, jumlahkan total semua harta menjadi total aktiva.
·         Pasiva
Sama halnya dengan cara membuat neraca untuk bagian aktiva, tiap masing-masing kelompok pasiva dijumlahkan berdasarkan masing-masing kelompok pasivanya. Kelompok kewajiban lancar dijumlahkan terlebih dahulu, kemudian jumlah kelompok kewajiban tidak lancar. Setelah diperoleh jumlah total kewajiban lancar dan tidak lancar, maka selanjutnya di jumlahkan dengan nominal modal pemilik untuk mendapatkan total pasiva.

a. Neraca bentuk staffel
Neraca bentuk staffel hampir sama dengan bentuk skontro, hanya saja harta diletakkan di sisi atas sedangkan kewajiban dan modal pemilik secara berurutan diletakkan di bagian bawah. Berikut contoh neraca bentuk staffel:


b. Neraca Bentuk Skontro
Neraca yang disajikan dalam bentuk skontro memiliki bentuk menyerupai huruf T, dimana neraca dibagi menjadi dua bagian kiri dan kanan. Di sisi sebelah kiri di isi dengan akun harta atau aktiva sedangkan di sebelah kanan di isi dengan akun kewajiban dan modal atau pasiva. Berikut adalah contoh neraca dengan bentuk skontro:


Demikianlah penjelasan mengenai cara membuat dan contoh bentuk neraca. Semoga bermanfaat ya..

Baca juga:

0 comments



Emoticon