LAPORAN KEUANGAN

LAPORAN KEUANGAN


PENGERTIAN LAPORAN KEUANGAN

Apa yang dimaksud dengan laporan keuangan adalah merupakan catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Laporan keuangan dalam hal ini adalah bagian dari proses pelaporan keuangan dari suatu perusahaan.

Ada Poin-poin penting yang harus kita pahami dalam membuat laporan keuangan akuntansi. Dalam hal ini kita akan mengetahui aturan-aturan yang sekiranya lazim digunakan dalam penyusunan laporan keuangan akuntansi, Menentukan Hal-hal apa saja yang wajib dilaporkan dalam laporan keuangan, Mengetahui laporan keuangan yang lazim digunakan, Manyusun Laporan keuangan yang sesuai dengan aturannya, Menyajikan  laporan keuangan perusahaan jasa, Menggunakan laporan keuangan untuk menentukan suatu keputusan atau kebijakan perusahaan.

TUJUAN LAPORAN KEUANGAN

Tujuan laporan keuangan adalah Menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan dan kebijakan.
Laporan keuangan yang disusun untuk tujuan ini memenuhi kebutuhan bersama sebagian besar pemakai. Namun demikian, laporan keuangan tidak menyediakan semua informasi yang mungkin dibutuhkan pemakai dalam mengambil keputusanekonomi karena secara umum menggambarkan pengaruh keuangan dan kejadian masa lalu, dan tidak diwajibkan untuk menyediakan informasi nonkeuangan.
Laporan keuangan juga menunjukan apa yang telah dilakukan manajemen (bahasa Inggris: stewardship), atau pertanggung jawaban manajemen atas sumber daya yang dipercayakan kepadanya. Pemakai yang ingin melihat apa yang telah dilakukan atau pertanggung jawaban manajemen berbuat demikian agar mereka dapat membuat keputusan ekonomi. Keputusan ini mencakup, misalnya, keputusan untuk menahan atau menjual investasi mereka dalam perusahaan atau keputusan untuk mengangkat kembali atau mengganti manajemen.

ISI LAPORAN KEUANGAN

Dalam membuat laporan keuangan suatu perusahaan ternyata ada beberapa poin-poin penting yang tidak boleh dilewatkan dalam laporan keuangan itu sendiri. Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi :
· Neraca
· Laporan laba rugi
· Laporan perubahan ekuitas
· Laporan perubahan posisi keuangan yang dapat disajikan berupa laporan arus kas atau laporan arus dana
· Catatan dan laporan lain serta materi penjelasan yang merupakan bagian integral dari laporan keuangan.


BENTUK NERACA

Kita dapat melihat contoh dari neraca laporan sebuah perusahaan. Neraca laporan ternyata memiliki 2 bentuk yang berbeda, dibawah ini adalah comntoh dari 2 bentuk neraca laporan keuangan akuntansi.


Hal yan paling penting dalam membuat suatu laporan keuangan akuntanti tentunya Bentuk neraca  laporan tersebut harus memenuhi persamaan akuntansi  dan umumnya berbentuk: Skontro/Horizontal. Dalam bentuk ini aktiva (harta) diletakan disebelah kiri sedangkan passiva (liabities+modal) diletakan disebelah kanan.

LAPORAN LABA-RUGI

Laporan laba rugi atau dalam bahasa Inggris :Income Statement atau Profit and Loss Statement adalah bagian dari laporan keuangansuatu perusahaan yang dihasilkan pada suatu periode akuntansiyang menjabarkan unsur-unsur pendapatan dan beban perusahaan sehingga menghasilkan suatu laba (atau rugi) bersih.

BENTUK LAPORAN LABA-RUGI

Berikut ini adalah contoh sedehana dari bentuk laporan laba-rugi suatu perusahaan jasa



Itulah pengertian dasar dari istilah laporan keuangan akuntansi, Dan semoga sejauh ini kita dapat Mengetahui aturan-aturan yang lazim digunakan dalam penyusunan Laporan Keuangan sebuah perusahaan dengan Menentukan terlebih dahulu hal-hal yang wajib dilaporkan dalam Laporan Keuangan, Mengetahui format Laporan Keuangan yang lazim digunakan, Menyusun Laporan Keuangan, Menyajikan laporan keuangan perusahaan jasa
Mengggunakan laporan keuangan untuk mengambil keputusan dalam sebuah perusahaan.

Baca juga:

0 comments



Emoticon